Minggu, 28 Agustus 2016

Landasan Filosofi



Pendidikan merupakan sebuah proses pemberdayaan manusia untuk membangun suatu peradaban yang bermuara pada wujudnya suatu tatanan masyarakat yang sejahtera lahir dan bathin, sistem dan metode yang amat menentukan kualitas hidup manusia secara utuh (ruhiyah, jasadiyah dan aqliyah) dalam segala bidang adalah pendidikan, pepatah arab bahkan menegaskan : adabulmar’i khoirun min dzahabihi (pendidikan lebih berharga bagi manusia ketimbang emasnya)

Pendidikan memikul amanah yang sangat berat, yakni memberdayakan potensi fitrah manusia yang condong kepada nilai-nilai kebenaran dan kebijakan agar dia dapat mengfungsikan dirinya sebagai hamba yang siap menjalankan risalah yang dibebankan kepadanya yakni “khalifah fil ardl’, oleh karena itu pendidikan merupakan suatu proses membina seluruh potensi manusia sebagai : makhluk yang beriman, berfikir, dan berkarya untuk kemaslahatan diri dan lingkungannya.

Al-Quran sangat menyarankan dengan pesan-pesan yang mengingatkan dan memerintahkan kita tentang berbagai hal yang terkait dengan pendidikan : upaya peningkatan pemberdayaan akal pikiran anatara lain’’, dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang sekiranya meninggalkan anak-anak yang lemah-lemah dibelakang mereka yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka, hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar,’’(Surat Am-Nisa:9)
‘’............Nisacaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu penegtahuan beberapa derajat(Surat Al-Mujadilah:11)

Abad 21 adalah era mutu, bagi SDIT CUT NYAK DHIEN, mutu menjadi hal yang sangat penting dalam berbagai bidnag termasuk pendidikan, pendidikan bermutu menjadi kebutuhan yang sangat penting dalam penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal. Ditengah kompetisi yang sangat ketat seperti sekarang ini dan kecenderungan kedepan, eksisitensi sebuah sekolah sangat ditentukan oleh kualitas sekolah. Sekolah bermutu berpeluang lebih besar untuk terus eksis sedangkan sekolah yang tidak bermutu lam-kelamaan akan tutup ’di-regroup’ , ditutup dan muridnya digabungkan kesekolah lain.

Dalam mencapai mutu suatu institusi dikenal danya total Quality Mnagement atau manajemen mutu terpadu, aspek penting dalam manajemen mutu terpadu adalah perbaikan atau peningkatan secara terus menerus. Jepang memiliki satu kata untuk menjelaskan pendekatan perbaikan secara terus menerus ini dengan istilah ‘kaizen’ yang diterjemahkan secara bebas dengan perbaikan sedikit demi sedikit (step by step improvement). Untuk dapat melakukan peningkatan secara terus menerus perlu dilakukan analisis kondisi sekolah saat ini (what is) terhadap semua aspek yang ingin ditingkatkan. Kemudian dilakukan proyeksi keadaan masa depan seperti apa yang diinginkan (what should be). Dari analisis akan diketahui kesamaan dan kesenjangan (gap) antara kondisi sekarang dengan kondisi yang dinginkan. Jika kondisi sekarang sudah sebagai mana yang diinginkan tinggal dilakukan pemantapan sedangkan jika masih mendapat kesenjangan perlu dilakukan peningkatan, sebagai dasar untuk menentukan kondisi yang diinginkan (what should be) adalah standar-standar yang dikeluarkan oleh pemerintah sebagai penanggung jawab atas mutu sekolah secara nasional atau berdasar atas standar khusus yang dibuat oleh yayasan dengan

mempertimbangkan kebutuhan pelanggan sehingga peningkatan mutu berjalan kearah pemenuhan pencapaian standar maupun kepuasan pelanggan. Ranah peningkatan mutu pendidikan yang akan dilakukan mencakup keseluruhan hal yang terkait langsung dengan komponen-komponen penting yang berkaitan erat dengan mutu sekolah yaitu : struktur dan isi kurikulum, kebijakan kelembagaan, kualifikasi guru dan karyawan, iklim dan kultur akademik, standarisasi proses dan mutu, dukungan komunitas atau masyarakat, jaminan pembiayaan dan dukungan institusional. SDIT CUT NYAK DHIEN merupakan sekolah masa kini yang memiliki perhatatian terhadap peningkatan mutu. Managemen mutu terpadu yang diterapkan SDIT CUT NYAK DHIEN mempersiapkan sekolah menjadi pelopor masa depan. Sekolah yang mencetak pemimpin-pemimpin yang memiliki karakter islami dan mengarahkan bangsa ini menjadi bangsa yang maju. Semoga !

0 komentar:

Posting Komentar